Perbedaan SEO dan SEM yang Mudah Dimengerti

Penetrasi internet di indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sudah semakin banyak juga orang yang mulai berjualan secara online ketimbang offline karena akan jauh lebih hemat biaya operasional. Nah salah satu strategi yang digunakan untuk dapat mencapai target audiens yang mereka inginkan adalah dengan menggunakan SEO dan SEM. Oleh karena itu kamu sebagai seorang pelaku bisnis atau seseorang yang berkarir di dunia digital marketing, sangat penting untuk mengetahui apa itu SEO dan SEM. 

Pada umumnya SEO dan SEM digunakan ketika anda mempunyai website. Tujuan menggunakan strategi SEO dan SEM adalah agar para user di internet dapat mengunjungi website kamu dan melakukan transaksi didalamnya. Agar kamu dapat mencapainya kamu pasti harus berkompetisi dengan berbagai website di halaman pertama mesin pencarian seperti Google. Dengan bantuan SEO dan SEM hal ini akan membuat website kamu lebih mempunyai nilai untuk muncul di halaman pertama. Tapi apa saja sih perbedaan antara kedua strategi tersebut?

SEO atau search engine optimization mempunyai peran penting agar dapat membuat website kamu memenuhi semua kriteria yang dimiliki oleh mesin pencarian tersebut. Dengan memenuhi kriteria-kriteria tersebut dengan otomatis website kamu akan dapat muncul di halaman pertamanya google. Sedangkan SEM adalah strategi menggunakan kata kunci untuk menampilkan iklan pada mesin pencarian seperti Google. 

Perbedaan antara kedua strategi diatas dapat dijabarkan sebagai berikut:

Perbedaan seo dan sem pada saat cara menargetkan target audiens

Di saat menentukan target audiens, di SEM kamu akan dengan mudah menentukan kriteria yang kamu inginkan sebelum memunculkan iklan. Tapi di SEO kamu perlu membuat suatu konten yang sesuai dengan target audiens kamu dan Google hanya akan memunculkan konten itu berdasarkan keyword yang kamu targetkan

Kecepatan untuk muncul di halaman pertama

Untuk SEM, akan mempunyai waktu yang lebih cepat untuk muncul di halaman pertama. Sedangkan SEO durasi yang dibutuhkan untuk muncul dihalaman pertama akan lebih lama. Contohnya untuk SEO kamu akan membutuhkan minimal 3 bulan untuk dapat muncul dihalaman pertama, dan ini juga tergantung seberapa kompetitif keyword yang kamu targetkan. Bila mempunyai tingkat kompetisi yang tinggi maka kamu kemungkinan besar memerlukan sekitar 1 tahun agar dapat muncul di halaman pertama. 

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk seo dan sem

Nah untuk biaya, SEM tentu saja akan mengeluarkan lebih banyak. Karena SEM pada dasarnya berbentuk iklan. Biaya yang dikeluarkan akan tergantung dengan keyword yang kamu pilih, kamu perlu melakukan keyword research terlebih dahulu untuk mengetahui berapa harga yang diperlukan untuk mengiklankan target keyword tersebut. 

Sedangkan SEO kamu hampir tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, kamu hanya perlu membuat konten yang sesuai dengan audiens kamu inginkan dan lambat laun dengan usaha yang maksimal konten yang kamu ciptakan akan muncul di halaman pertama mesin pencarian. 

Potensi pengunjung datang ke website kamu (CTR)

Untuk yang satu ini, dapat dibilang potenti CTR atau click through rate SEO akan lebih besar ketimbang SEM. Hal ini disebabkan karena, pada umumnya orang tidak suka dengan segala sesuatu yang berbau iklan atau mempunyai tanda iklan. 

Dengan begitu kamu sudah tahu kan perbedaan dasar SEO dan SEM. Mengetahui hal ini akan membuat kamu bisa lebih baik membuat keputusan yang tepat untuk melangkah kedepan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *