Instagram dan TikTok, Apa Saja Perbedaanya?

Instagram dan TikTok belakangan ini telah menjadi perbincangan yang panas. Bagaimana tidak, siapa yang bisa menyangka Instagram terlihat kalah dengan media sosial yang berbasis video seperti TikTok. Yup, kalo kamu sering mendengar istilah video is the new king, ini tentu tidak salah. Karena sudah banyak bukti bahwa user lebih senang melihat video ketimbang membaca atau melihat foto. Kira – kira selain video apa saja perbedaan mendasar dari Instagram dan TikTok? Berikut ini penjelasannya.

Isi Konten

Kebanyakan konten yang ada di Instagram merupakan photo based ketimbang video based. Namun karena trend video semakin naik, Instagram baru saja merilis fitur terbarunya yakin reels. Fitur ini memberi kesempatan untuk para konten kreator untuk membuat konten yang berbasis video. Dengan begitu, kedua media sosial ini sekarang memiliki fitur yang berbasis video. 

Account based dan content based

Tahukah kamu, jika kamu berada di Instagram dan ingin konten kamu untuk diperlihatkan oleh lebih banyak orang, kamu sebaiknya meningkatkan jumlah follower kamu terlebih dahulu. Ini berbeda dengan TikTok, dimana algoritma dari media sosial ini lebih mementingkan isi konten yang ada. Jadi apabila kamu seorang konten kreator yang baru saja membuat akun TikTok, kamu memiliki kesempatan yang sama dengan kreator yang memiliki jumlah follower yang banyak. 

Hal ini tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing. Karena apabila akun instagram memiliki follower yang banyak, maka penggambarannya bahwa akun ini merupakan akun yang dapat terpercaya. Dan apabila di TikTok, kamu dapat melihat dari jumlah views, semakin banyak jumlah views, berarti video tersebut sedang viral dan bisa saja menjadi trend setter untuk konten yang lainnya. 

Metrik yang digunakan

Kedua media sosial ini menggunakan metrik yang kurang lebih mirip satu dengan lainnya. Ada jumlah view, likes, comment yang semua akan terhitung sebagai engagement rate. Semakin tinggi engagement rate kontenmu, maka semakin tinggi juga untuk dilihat oleh user yang memiliki interest yang sama. 

Itu dia beberapa perbedaan Instagram dan TikTok yang mendasar. Semoga ini dapat membantu kamu untuk menentukan kanal yang mana yang bisa kamu gunakan untuk melakukan personal branding. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *