Cara Meningkatkan Engagement Rate Sosial Media Kamu

Engagement rate adalah salah satu metrik yang sering digunakan untuk mengukur apabila suatu konten yang dibuat di sosial media dinyatakan berhasil atau tidak. Konten yang memiliki engagement rate yang tinggi akan kerap membuat audiens yang kamu sasar untuk balik lagi ke akun sosial media kamu. Ini juga akan meningkatkan kesempatan atau peluang agar mereka mau mencoba produk atau jasa yang kamu sediakan. Oleh karena itu penting untuk kamu ketahui beberapa cara meningkatkan engagement rate di sosial media. 

1. Pakai warna kuat dan kompak

Cara meningkatkan engagement rate yang pertama adalah melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh banyak orang. Semua pesaing Anda kemungkinan cuma akan lakukan hal yang sudah dilaksanakan banyak orang, dan mengharap akan memperoleh reaksi yang bagus.

Tetapi, pada realitanya Anda harus jadi berlainan dari umumnya. Hadirkan suatu hal yang unik dan berlainan hingga bisa mengundang perhatian dalam waktu cepat.

Namun, sebuah gambar yang dikuasai dengan 1 warna nyaris selalu melampaui dibanding dengan gambar tanpa supremasi warna.

2. Menggunakan call to action 

Seperti yang terjadi dengan taktik internet marketing yang lain, bila Anda ingin menyaksikan hasilnya, Anda membutuhkan ajakan melakukan tindakan yang kuat.

Karena Anda cuman akan memperoleh konversi bila Anda memberitahu pengikut apa yang perlu dilaksanakan. Contohnya untuk mendaftarkan ke daftar e-mail, beli produk atau sekadar subscribe.

Instagram bekerja dengan konsep yang sama; Bila Anda tidak memberikan ajakan melakukan tindakan yang pasti ke pengikut Anda, peluangnya lebih kecil untuk bertindak.

Dalam masalah ini, Anda harus mengikutkan link Anda di profile Anda karena Instagram tidak biarkan Anda mengeposkan link langsung.

3. Posting suatu hal yang menyentuh emosi

Konten yang menyentuh emosi sudah pasti akan mengunggah hati pengikut dan membuat mereka memberi hubungan pada posting itu.

Memang menghitung content yang sentuh hati ini sedikit susah. Berdasar penilaian saya, beberapa konten yang sentuh hati umumnya ialah content yang berbentuk curah, cinta, jodoh dan orangtua. Ke-4 tipe content ini selalu sukses mengantongi likes dan tanggapan dari beberapa pengikut.

4. Membuat konten yang kontroversial

Cara meningkatkan engagement rate yang keempat adalah dengan menggunakan konten yang kontroversial. Ada saatnya, kita perlu memancing emosi pengikut untuk berhubungan di account kita. Salah satunya triknya, ya dengan memakai content yang polemis.

Content yang kontroversial yang saya tujuan bukan content yang keliru lalu di laksanakan justifikasi ya. Kontroversial di sini ialah content yang sebenarnya sedikit bersimpangan dengan harapan pengikut anda dan memancing mereka untuk mengungkapkan gagasannya.

Contoh, jika anda jadi admin account islam, posting content mengenai bahaya kekasihan sekarang ini yang berbuntut pada zina dan aborsi. Saya jamin deh, konten ini akan ramai pro dan kontranya. Juga bisa kritikan pada pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *