4 Kesalahan Pengusaha Pemula

uang-online
Uang Online

Memulai usaha tentu bukanlah hal yang mudah, bahkan setelah usaha dirintis pun, akan banyak tantangan dan hal baru yang harus dikerjakan untuk memastikan bisnis tersebut dapat berkembang.

Tak heran banyak bisnis kecil yang gagal bertahan dan terpaksa berhenti di tengah jalan karena kesalahan pengusaha.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah 4 kesalahan pengusaha yang harus Anda hindari :

#1: Mulai dengan Alasan yang Salah

Banyak pengusaha yang memulai bisnis dengan alasan yang tidak tepat.

Hal ini didukung dengan data yang menunjukkan bahwa setiap bulannya terdapat 500 ribu bisnis yang baru dirilis tetapi banyak dari bisnis tersebut dimulai dengan motivasi yang kurang tepat.

Contohnya, ketika seorang manajer operasional sebuah pabrik plastik yang memutuskan untuk membangun kariernya sendiri agar mendapatkan uang yang lebih banyak dengan memulai bisnisnya.

Tetapi sayangnya, manajer tersebut tidak menyadari bahwa memulai suatu bisnis tidaklah hanya dengan mengetahui sistem operasional saja. Kesalahan pengusaha seperti ini sering kali terjadi dan sebaiknya dihindari.

#2: Modal Tidak Cukup

Modal usaha adalah hal yang fundamental dalam sebuah bisnis. Uang memang bukanlah segalanya, tetapi tanpa modal yang cukup, sebuah bisnis akan sulit berkembang apalagi bersaing dengan pemain lain yang sudah cukup berpengalaman di bidangnya.

Kesalahan pengusaha ini sering terjadi karena banyak yang meremehkan pentingnya kecukupan modal awal untuk memulai sebuah usaha.

Tidak hanya meremehkan, banyak dari pengusaha muda memulai bisnisnya dengan cara berhutang kartu kredit. Tentunya apabila bisnis dimulai dengan hutang kartu kredit akan berakhir hancur.

#3: Perencanaan yang Tidak Sesuai

Salah satu kesalahan pengusaha yang sering dilakukan adalah perencanaan yang tidak tepat. Karena ambisi pengusaha muda yang sangat tinggi, seringkali mereka terlalu fokus pada tujuan finansial.

Mereka kurang memperhatikan faktor lainnya seperti kemampuan kompetitor, kebutuhan keuangan, target penjualan dan perkiraan pengeluaran.

Jika Anda membutuhkan waktu, gunakanlah sebanyak mungkin waktu untuk memastikan kembali bahwa Anda telah menyusun rencana bisnis yang paling efektif.

#4: Manajemen dan Kepemimpinan Buruk

Hal esensial dari membangun bisnis yang sukses adalah dengan kemampuan manajemen dan sistem kepemimpinan yang baik. Tidak mungkin sebuah mobil dapat berjalan sesuai dengan rutenya tanpa pengemudi.

Sama halnya dengan sebuah bisnis. Tanpa adanya kombinasi dari manajemen dan kepemimpinan yang handal, konflik akan terjadi di dalam perusahaan. Etos kerja menjadi buruk dan produktivitas akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *