4 Alasan Mata Uang Libra Facebook Ditolak

uang-digital
Uang Digital

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, korporasi tersebut memperkenalkan Libra sebagai mata uang virtual yang bakal segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Regulasi yang belum jelas dan kemungkinan risiko yang bisa dialami individu maupun pemerintah menjadi alasan mengapa Libra masih diragukan untuk bisa beroperasi

Melihat banyaknya penolakan tersebut, sebetulnya bahaya apa sih yang bisa diberikan Libra Facebook kepada penggunanya? Yuk, kita lihat langsung saja list-nya di sini:

1. Keamanan data pengguna yang masih dipertanyakan

Melansir dari The Conversation, pada tahun 2018 masih segar di ingatan kita mengenai skandal bocornya 50 juta pengguna Facebook di dunia. Dan, itu merupakan salah satu yang terbesar sepanjang sejarah.

Meski Mark Zuckerberg sempat berkomitmen membenahi celah keamanan tersebut, tetapi potensi bocornya data pengguna masih dipertanyakan. Apalagi, Libra menyangkut uang yang dimiliki para penggunanya.

Jika kembali terjadi kebocoran, tentunya hal ini bakal menjadi lebih rumit untuk diselesaikan. Bahkan, untuk raksasa internet sekelas Facebook.

2. Risiko money laundering

Risiko money laundering yang sangat rentan terjadi di mata uang virtual sebetulnya udah Libra Facebook antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi. 

Tapi bukan berarti gak mungkin terjadi, risiko semacam ini bakal tetap ada dan dimanfaatkan oknum tertentu yang kurang bertanggung jawab.

Seperti yang dialami digital Liberty Reserve pada tahun 2013 di mana pendirinya, yakni Arthur Budovsky dipenjara selama 20 tahun karena terbukti melakukan upaya money laundering.

3. Ancaman dari hacker

Selain data pribadi pengguna yang terancam, terdapat bahaya lain yang mungkin terjadi bila pengguna gak bijak menggunakan gadget yang dimiliki, yakni hacker.

Kasus yang lebih bisa saja terjadi bila hacker berhasil membobol gadget pengguna dan mengambil informasi pribadi yang bersifat rahasia dari aplikasi di luar Libra Facebook.

4. Dampak sistemik yang luas

Di seluruh dunia, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif setiap bulannya sebanyak 2,4 miliar orang. Itu belum ditambah perusahaan lainnya yang dimiliki seperti WhatsApp yang menyentuh 1,5 miliar orang.

Dengan pengguna sebanyak itu, hadirnya Libra Facebook tentu memiliki potensi sangat besar sekaligus dampak yang masif. Entah itu mengarah ke hal positif ataupun negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *