3 Tips Menabung Uang Receh Biar Menggunung dan Bisa Beli Barang Mewah!

uang-elektronik
Uang Elektronik

Pernah mendengar kisah orang yang bisa membeli barang mewah dari uang receh? Sebagai contoh, seorang pria asal China, bernama Gan yang membeli mobil mewah seharga Rp 1,44 miliar dari uang receh.

Biar mengejutkan, kamu tidak perlu menghitung berapa nominal uang receh yang udah sisihkan. Tahu-tahu pas dibongkar terkumpul puluhan juta rupiah. Jadi, istilah pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Nah, biar rencana menabung kamu berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti yang sudah kami rangkum, apa aja? Ini lima di antaranya:

1. Memiliki tujuan menabung

Salah satu keberhasilan dalam menabung adalah konsisten. Pasalnya, gak sedikit orang yang menyerah di tengah jalan, salah satu alasannya karena gak memiliki tujuan yang membuatnya semangat menyisihkan uang setiap hari.

Karena itu, pentingnya kamu memiliki tujuan menabung. Misalnya untuk liburan ke Jepang di dua tahun mendatang atau bisa menikah dengan kekasih. Tak lupa juga untuk menempelkan tujuan menabung kamu itu di depan wadah atau celengan.

2. Memilih tempat penyimpanan uang

Langkah berikutnya adalah memilih tempat penyimpanan uang yang menarik untuk uang-uang receh milik mu.

Misalkan saja celengan berbentuk hewan kesukaan kamu atau biar lebih hemat dan futuristic, kamu bisa mengumpulkan uang kecil tersebut di dalam wadah botol minuman air mineral 600 ml.

Hal tersebut ternyata dapat menimbulkan rasa kepuasan tersendiri di diri kamu lho saat melihat botol tersebut penuh dengan uang kecil yang dikumpulkan setiap hari.

3. Menentukan pecahan nominal

Kini ada beberapa jenis uang kecil yang beredar di Indonesia yaitu Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000. Sedangkan uang receh dalam bentuk kertas, ada nominal Rp 2.000.

Nah, sebelum kamu mulai menabung uang receh, sebaiknya tentukan terlebih dahulu pecahan nominal uang yang pengin tabung atau memberikan patokan uang nominal berapa yang dikumpulkan.

Apakah dengan pecahan Rp 500, Rp 1.000, atau Rp 2.000? Tujuannya adalah  buat memudahkan kamu dalam menghitungkan hasil uangnya saat dibongkar nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *