3 Cara untuk Mengajari Anak Soal Keuangan

uang-digital
Uang Digital

Mengajari anak soal keuangan bukan hal yang mudah. Apalagi kalau kamu punya keinginan agar kelak anakmu tumbuh sebagai orang yang gak konsumtif dan kaya.

Pada kesempatan kali ini, kami bakal membocorkan ke kamu beberapa tips bertahap untuk mengajari anak soal keuangan yang mudah diaplikasikan dan efektif. Semoga bisa bermanfaat buat masa depan si buah hati.

1. Buat rekening tabungan anak dan jelaskan soal bunga bank serta bunga bergulung

Memperkenalkan anak dengan menabung di celengan jelas udah gak zaman. Sementara itu kalau hanya sebatas mengenalkan cara nabung di bank juga gak efektif.

Berikan saja kado berupa tabungan anak kepadanya di hari ulang tahun atau di momen-momen lain. Setelah itu, jelaskanlah apa yang dimaksud dengan kartu ATM, bunga dan metode bunga bergulung yang ada di bank. Katakan padanya bahwa, jika sejak kecil sudah nabung di bank, maka saat dewasa nanti uangnya bisa lebih banyak ketimbang papa mama sekarang. 

2. Memperkenalkan anak tentang biaya-biaya potongan di tabungan bank

Obrolan mengenai bunga bergulung mungkin bakal menarik hati si kecil untuk giat menabung agar jadi kaya. Namun jangan lupa, bahwa ada biaya administrasi juga yang dikenakan oleh bank. 

Sebagian besar tabungan anak memang sifatnya bebas biaya administrasi. Namun saat mereka beranjak remaja, ajari juga soal biaya-biaya administrasi yang dikenakan bank pada tabungan mereka.

Jelaskan padanya bahwa biaya-biaya tersebut bisa memotong keuntungan menabung pada masa yang akan datang. Dengan mengetahui hal ini, setidaknya dia akan lebih waspada atau bertanya balik kepadamu soal solusinya.

3. Kenalkan emas padanya

Mengajari anak soal keuangan tentu gak akan cukup jika hanya seputar investasi deposito saja. Kenalkan juga soal emas yang bisa membuatnya kaya di masa depan.

Kamu juga bisa memberikan hadiah berupa “emas batangan” asalkan kamu bisa menyimpannya dengan baik. 

Katakan padanya bahwa logam mulia ini akan menjadi barang yang sangat mahal di masa depan. Dengan ini, dia bisa membeli apapun yang dia mau. 

Cobalah untuk membentuk mindset dalam dirinya bahwa dengan menabung emas, dia bisa jadi ‘raja’ di kemudian hari. Tapi jangan lupa, ajari juga perbedaan emas batangan dan emas di perhiasan ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *