3 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

uang-digital
Uang Digital

Dengan semakin banyaknya situs e-commerce, pelelangan online, dan fasilitas kredit tanpa kartu membuat banyak orang semakin mudah mengeluarkan uang untuk berbelanja.

Berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan tersebut tidak masalah untuk digunakan, jika Anda paham dengan batas wajarnya.

Hal yang menjadi masalah adalah ketika berbagai kemudahan tersebut membuat Anda melakukan belanja secara impulsif dan berlebihan.

Kami sudah merangkum 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan dalam berbelanja online.

1. Mulai Saat Ini Berhenti Berlanggangan dari Semua Email Promosi

Cara mengatasi kecanduan yang pertama dalam daftar ini adalah dengan berhenti berlangganan email newsletter.

Email promosi yang dikirimkan pihak e-commerce secara rutin semakin membuat Anda tertarik untuk mengikutinya dan berbelanja berbagai barang yang tidak diperlukan. Solusinya adalah segera berhenti berlangganan dari setiap email promosi yang Anda terima.

Jangan menandai email tersebut sebagai spam atau membuangnya ke sampah, karena hal ini tidak akan menghentikan Anda untuk membukanya.

2. Blokir Akses ke Situs Belanja Online yang Sering Dikunjungi

Cara selanjutnya untuk membuat Anda berhenti berbelanja secara impulsif adalah dengan membatasi akses ke marketplace online yang sering dibuka.

Pemblokiran marketplace online bisa Anda lakukan melalui browser atau menggunakan software untuk memblokirnya secara otomatis.

Pastikan juga Anda membersihkan cookie dan cache pada browser secara teratur. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari Anda mendapatkan iklan dari situs belanja online yang sedang mempromosikan produk atau layanan mereka.

3. Segera Hapus Aplikasi Belanja Online dari Smartphone Anda

Perangkat mobile seperti smartphone menjadi salah satu alat yang memudahkan Anda berbelanja online.

Untuk menghindari Anda membuka berbagai aplikasi belanja online, maka segeralah hapus aplikasi tersebut dari dalam perangkat Anda. Ini juga termasuk ampuh sebagai salah satu cara mengatasi ketagihan belanja online.

4. Cari Alternatif Hiburan yang Tidak Menguras Kantong

Daripada uang tersebut habis digunakan untuk berbelanja, lebih baik Anda menginvestasikannya ke tempat yang lebih bermanfaat.

Dengan berinvestasi dan membiasakannya sejak dini, Anda bisa mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan seperti membeli rumah, membeli mobil, berlibur bersama keluarga, atau untuk membiayai pendidikan anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *